Selasa, 25 April 2017

CARA PEMBUATAN ANAK PANAH AMUNGME

   CARA PEMBUATAN ANAK PANAH AMUNGME



PEMBAHASAN
DEFINISI
Busur dan anak panah merupakan suatu alat tradisional yang digunakan oleh masyarakat pegunungan tengah. Alat tradisional ini dapat di gunakan untuk berburu dan juga sebagai alat perang antara satu suku dengan suku yang lain, kebiasaan masyarakat pedesaan yang ada di pegunungan tengah memiliki alat tradisional busur dan anak  panah .
Masyarakat pegunungan tengah dianggap , busur dan anak panah adalah salah satu budaya  keunikkan  yang di lakukan oleh kaum pria maka ketika melestarikan kebudayaan pria diwajibkan memiliki alat tradisional tersebut yaitu busur dan anak panah .
Maka alat tradisional ini di publikasikan dianggap sebagai salah satu budaya masyarakat pegunungan tengah untuk dapat di gunakan dalam saat acara pesta adat dan dihanggap hari-hari besar.
PENGAMBILAN BAHAN
Busur  merupakan salah satu bahan kayu,yang di sebut dalam  bahasa daerah (dibo), kayu tersebut bertumbuh di hutan. Sedangkan anak panah di sebut dalam bahasa daerah ( pinde) adalah salah satu tumbuhan yang di tanami oleh seseorang kaum pria.
1.     Manfaat :
A.    Busur dan anak panah disebut sebagai alat tradisional yang sangat bernilai lebih khususnya di masyarakat  pegunungan tengah.
B.     Alat tradisional busur dan anak panah memiliki dampak  khususnya masyarakat pegunungan tengah.
2.     Tujuan :
A.    Menggunakan untuk alat mata pencarian
B.     Untuk menahankan diri dari serangan musuh
C.     Busur dan anak panah adalah simbolis khusus masyarakat pegunungan tengah.
 PEMBUATAN ALAT DAN BAHAN :
Tradisional masyarakat bagian pegunungan tengah di papua memiliki dua jenis bahan yang digunakan   anak panah yaitu:
  1. Anak panah terbuat dari bambuh
  2. Anak panah terbuat dari palem
  3. Busur tersebuat dari bahan kayu buah.
 Anak panah bambuh merupakan salah satu anak panah yang jenis nya besar dan tumbuh di hutan. Cara membuatnya adalah mengambil bambuh yang sudah tua,kemudian di potong menjadi sebanyak mungkin , lalu dikeringkan diatas tungku api dengan waktunya cukup lama,maka sesudah kering akan memasangkan menjadi anak panah disebut (klik). Dengan bentuknya adalah,panjang tetapi agak tipis dan lebar kedua ujungnya di urungcin tajam, anak panah ini dapat digunakan untuk binatang buas dan serangan lainnya.
 Cara membuat anak panah dari pohon palem adalah memotong pohon palem yang lebih keras  dan di belakan menjadi sebanyak mungkin lalu menggunakan pisauh untuk di urumgcin  menghaluskan , maka sesudah mengaluskan, memasangkan di panah yang sudah sediakannya.dan anak panah tersebutpun melukiskan secara pengalaman  karya ilmiah , maka mereka yang memiliki anak panah dapat mengoleskan dengan tanah liat warnah putih .
 Busur adalah bahan dari kayu buah yang digunakan menjadi busur,cara membuat busur  inipun bukan hanya menggunakan secara langsung dari setiap pria tetapi pelaku pembuatan busur dan anak  panah adalah di khususkan proses melalui secara garis keturunan turun-temurun dari adat-istiadat masyarakat pegunungan tengah karena kebutuaan banyak hal yang di lengkapi dalam pembuatan busur yaitu:
  1. Busur mempunyai  tali untuk tarik
  2. Busur tersebut menggunakan gelang di bagian bahwa dan atas.
Karena ketika melemparkan sesuatu bisa dapat mengkenjangkan dan bisa dapat mencapai di 200 M.         
Karena hal ini ditetapkan secara langsung  dari turun temurun hingga saat ini membahwa budaya tari busur dan anak panah . maka itu busur dan anak panah adalah sebagai simbol kebudayan masyarakat pegunungan tengah.
  KESIMPULAN
saya di simpulkan bahwa inilah cara pembuatan,dan kehidupan masyarakat pegunguan tengah papua dan salah satu dari simbol kebudayaan,dan alat inipun masih di melestarikan dari turun temurun dan generasi ke generasi masih berlaku sampai sekarang. 
kogoyanak atau  lambenak dari wamena papua

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KOGOYANAK WIRO

PERMOHONAN BANTUAN DANA

PERMOHONAN BANTUAN BIAYA STUDI DAN PROPOSAL DISUSUN   OLEH NAMA                        :   MAITON KOGOYA ...